Aksara Jawa kls X/1

Standar Kompetensi :  Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun non sastra,berhuruf latin maupun Jawa         dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca.

Kompetensi Dasar :  Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 10-15 kalimat.
AKSARA JAWA
carakan_rupa_aksara

SANDANGAN AKSARA JAWA
jw8

1. Wulu dalam bahasa Indonesia adalh bulu atau juga dapat diartikan sayap yang digunakan untuk terbang, yang memiliki filosofi agar dapat naik pada kedudukan yang tinggi juga dapat bermakna filosori ora enggon untuk mencapai kesempurnaan hidup.
2. Suku yang memiliki arti laku dalam bahasa Indonesia berarti jalan, yang bermakna filosofi menjalani hidup dengan sebaik-baiknya agar mengerti tujuan dan arti hidup ini.
3. Taling yang memiliki arti pendengaran (telinga) yang bermakna manusia diberi telinga atau pendengaran untuk mendengarkan hal-hal yang baik.
4. Taling Tarung yang memiliki arti pendengaran yang harus selalu tarung (bertarung) yaitu suara atau hal-hal yang didengarkan melalui telinga kita supaya di cerna dan diolah dengan ketajaman pikiran kita agar manusia menjadi bijaksana.
5. Ceceg yang juga disebut cecak yang berati wujudnya suatu tulisan. yang dalam aksara Jawa harus dituliskan dari arah kanan kekiri yang bermaksud mendahulukan kebaikan. Cecak juga bermakna ganda(bau) yang dimana manusia akan mati dan kembali kepada Tuhannya didalam alam yang abadi.
6.Pepet berarti pentog, tutug, tatao. selalu ingat kepada pencipta dengan Dzikrullah yang juga merupakan pencerminan diterimanya amalan kita dihadapan Tuhan.
6. Layar yang bermakna babar, jembar(luas), luas dalam menerima kenyataan dalam kehidupan. yang juga berarti lembah manah sabar dalam hati dan bijaksana.
7. Pangkon, dalam filosofi Jawa segala sesuatu yang dipangku itu pasti akan mati, sebagai contoh seseorang yang selalu tergantung kepada orang lain pasti akan sengsara dan mati apabila tidak ada lagi tempat bergantung. Dalam kehidupan sehari-hari mulut merupakan jalan keluarnya suatu ucapan yang dalam unen-unen Jawa luhur nisthaning asma gumantung wijiling pangandikan. Nista memiliki arti mati. Seseorang akan dihormati atau mati/nista karena ucapannya sendiri.

PASANGAN AKSARA JAWA
pasangan_aksara_jawa2
AKSARA SWARA
eeee

ANGKA JAWA
angka-jawa1

08aksararekan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s