RPP TIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   01
Nama Sekolah

:

SMA N 3 Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 2
Pertemuan ke-

:

1
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

MENDENGARKANMampu mendengarkan dan lisan memahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar

:

 Mendengarkan berita yang disampaikan melalui media elektronik
Indikator

:

1.  Menyebutkan sumber berita2.  Menyebutkan pokok-pokok isi berita (5W + 1 H)3.  Merangkum pokok-pokok isi berita dengan kalimat sendiri4.  menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok berita yang telah ditulisnya5.  menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisa

A. Indikator

  1. Peserta didik dapat menyebutkan sumber berita
  2. Menyebutkan pokok-pokok isi berita (5W + 1 H)
  3. Merangkum pokok-pokok isi berita dengan kalimat sendiri
  4. menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok berita yang telah ditulisnya
  5. menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisan

B. Materi Pembelajaran

Materi Klik Disini

C.           Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

 Kegiatan Awal

Motivasi:    1.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang pawarta

2.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat     mendengarkan pawarta

Kegiatan Inti

2.1 Eksplorasi

  • Peserta didik berkelompok dan menyimak pawarta
  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi pokok isi pawarta

2.2    Elaborasi

  • Peserta didik menyebutkan sumber berita
  • Menyebutkan pokok-pokok isi berita (5W + 1 H)
  • Merangkum pokok-pokok isi berita dengan kalimat sendiri
  • menyampaikan secara lisan rangkuman pokok-pokok berita yang telah ditulisnya
  • menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisan

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai pawarta/berita
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

* Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang           informasi internet

5

75

10

 E.           Media/ Sumber Pembelajaran
  • Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • Damar Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB REMBANG)
  • Rekaman pawarta

F.            Penilaian

Ø      Butir Penilaian:

1.      Saka ngendi sumbering pawarta ing dhuwur?

2.      Tulisen pokok-pokok isining pawarta sing kokrungokake!

3.      Tulisen ringkesan isi pawarta saka pokok-pokok pawarta sing koktulis!

4.      Critakna kanthi lisan pawarta sing wis kokringkes!

Ø      Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Sumbering pawarta

10

5

0

2

Pokok-pokok isining pawarta

20

10

5

3

Ringkesan isi pawarta

30

15

5

4

Crita ringkesan pawarta

40

20

10

Total Nilai

100

50

20

Rembang, Januari 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                 Guru  Mata Pelajaran

 

Drs. SUHARTONO                                                             MASTIAH, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                      NIP. 19710425 2005022002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   02

Nama Sekolah

:

SMA N3   Rembang
Mata Pelajaran

:

Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester

:

X/ 2
Pertemuan ke-

:

2
Alokasi Waktu

:

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

:

BERBICARAMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Kompetensi Dasar

:

Menyampaikan informasi  yang diperoleh dari radio, televisi atau internet.
Indikator

:

1.                Menyebutkan pokok-pokok informasi2.                Menuliskan pokok-pokok informasi3.                Mampu menyampaikan kembali kepada teman informasi yang telah didengarnya secara runtut4.                memberikan tanggapan informasi yang disampaikan teman (penaampilan, vokal, keruntutan isi).

A.  Tujuan Pembelajaran

    • Peserta didik dapat menyebutkan pokok-pokok informasi
    • Menuliskan pokok-pokok informasi
    • Mampu menyampaikan kembali kepada teman informasi yang telah didengarnya secara runtut
    • Tampilanmemberikan tanggapan informasi yang disampaikan teman (penaampilan, vokal, keruntutan isi). Menyebutkan pokok-pokok informasi

 B. Materi Pembelajaran

Materi Klik Disini

C.          Metode Pembelajaran

Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan

D.           Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

1.

2.

Kegiatan AwalMotivasi:   1.  Guru  bertanya jawab tentang media cetak maupun meia elektronik yang diketahuinya

2.  Guru menanyakan kepada siswa tentang kegunaan internet

Kegiatan Inti

2.1    Eksplorasi

Peserta didik memberikan contoh berita/informasi yang di dapat dari internet

2.2    Elaborasi

  • perserta didik Menyebutkan pokok-pokok informasi
  • Menuliskan pokok-pokok informasi
  • Mampu menyampaikan kembali kepada teman informasi yang telah didengarnya secara runtut
  • memberikan tanggapan informasi yang disampaikan teman (penaampilan, vokal, keruntutan isi).

2.3    Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil tanggapan peserta didik mengenai informasi dari internet
  • Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu mengungkapkan tanggapan tentang informasi dari internet sesuai unggah-ungguh basa
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Penutup

  • Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang informasi internet


5

75

10

E. Media dan Sumber Pembelajaran

  • Buku Memetri Basa Jawa Kelas X
  • Modul dan LKS Basa Jawa Kelas X (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KAB REMBANG)
  • Kamus Basa Jawa

F. Penilaian

Ø      Butir Penilaian:

1.      coba golekana pawarta  saka internet, banjur tulisen ringkesane nganggo ukaramu dhewe!

Ø      Pedoman Penyekoran:

No

Uraian

Kriteria Ketepatan

Benar

Setengah

Salah

1

Isi ringkesan

20

10

5

2

Pangrakiting tembung

20

10

5

3

Panulisan tandha wacan!

20

10

5

4

Karesikan tulisan

20

10

5

5

Jangkeping ringkesan

20

10

5

Total Nilai

100

50

5

Rembang, Januari 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                  Guru  Mata Pelajaran

 

Drs. SUHARTONO                                                            MASTIAH, S.Pd.

NIP. 19511019 1978031001                                      NIP. 19710425 2005022002

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s